Minggu, 17 November 2013

Korean Emoticon



Emoticon adalah suatu icon yang bisa dipergunakan untuk melambangkan ekspresi dan perasaan yang biasanya dalam bentuk kombinasi tulisan. Orang-orang Korea termasuk kreatif dalam hal membuat emoticon ini. Apalagi lambang-lambang ini bisa dibuat dengan hangul. Ada banyak sekali emoticon dan variasinya sebagai simbol emosi tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh emoticon yang cukup populer digunakan di Korea saat chatting ataupun texting.

Perasaan baik
Emoticon yang paling sering diguakan oleh orang Korea sebagai perlambang senyuman adalah ^^. Icon ini menggambarkan bentuk mata yang menyipit yang terbentuk ketika tersenyum. Kemudian dari lambang ini dimodifikasi dengan menambahkan hidung dan mulut seperti ^_^ , ^.^ , ^o^ , ^ㅂ^. Bisa juga dengan hanya menampilkan bentuk hidung dan mata sepertiㅇㅂㅇ, ‘ㅂ’ , ^u^ , h_h . Atau jika ingin lebih sempurna ditambahkan bentuk kepala (^o^).
Emoticon lainnya dilambangkan dengan ~. Garis bergelombang yang panjang seakan membuat ujung kata tersebut terbaca panjang. Seperti “Hi~~~” yang terkesan bersahabat. Bisa juga digunakan sebagai penekanan seperti “Happy~~~” untuk kebahagiaan

Perasaan gembira/Excitement!
Perasaan gembira bisa diekspresikan dengan mengangkat tangan ke udara dan bernyanyi: \(^0^)/. Ata u dengan menuliskan kata 우와! (oo-wa!; yang berarti Wow!), 아싸! (a-ssa!; berarti, Oh yeah! Atau mengagumkan) or 짱! (jjang!; yang berarti Boss!, Super!, atau Hebatt!). Dan untuk memberi semangat bisa menggunakan 파이팅! (phaiting) atau 화이팅! (hwaiting) yang terdengar seperti “Fighting!” dan berari ‘kamu bisa melakukannya, ayo!” . Bisa juga dengan menunjukkan bintang sebagai pengganti mata ★.★.

Tawa
Karakter Korea untuk melambangkan tawa adalahㅋㅋ atau 크크 (keke atau keukeu, sering ditulis kk) dan ㅎㅎ (hh). Untuk tawa terkekeh dengan simbol ㅋㄷㅋㄷ (kede kede), sebagai kependekan dari 키득키득 (kideuk kideuk). Bisa juga dengan 히히 (hihi) atau gaya barat 하하 (haha). ㅍㅎㅎ atau푸하하 (puhaha) berarti “bwahaha” atau lol.

Menggoda
Cobalah dengan menggunakan simbol kedipan ^.~ , ciuman dengan bibir mengerucut ^3^ , dan pandangan penuh cinta ♡.♡ . Sedangkan untuk menunjukkan wajah yang bersemu bisa dengan membentuk simbol *^.^* atau dengan menggoda lawan jenis dengan memanggilnya superman melalui simbol berotot ~m^0^m~ . Dan bagi yang malu karena tergoda bisa membuat simbol (>^_^)>.  >_< dan >.<  untuk melambangkan rasa marah. Gunakan  -_- atau -.- untuk menunjukkan rasa kekesalan
Jika sangat marah sekali dan ingin menunjukkan jari tengah teracung ke atas bisa dengan ㅗ atauㅗㅗ atau ㅛ. Dan jika rasanya ingin meninju gunakan ㄷㄷㄷㄷㄷ (cukup di ketahui, mohon jangan digunakan ya… ). Lalu ada ekspresi gemetar yang bisa terjadi setelah marah, takut atau karena kedinginanㅎㄷㄷ, 후덜덜 , ㄷㄷㄷ atau 덜덜덜

Setuju
Untuk menunjukkan setuju biasanya digunakan kata OK yang dalam simbol Korea menjadiㅇㅋ atau 오케 atau 오케이. Ekspresi persetujuan, konfirmasi, atau paham dengan pernyataan lawan bicara ditunjukkan dengan 응 (eung) yang disingkat menjadi ㅇㅇ, tetapi hati-hati ekspresi ini bisa disalah artikan seperti meremehkan, seperti ‘ya.. ya..’

Shock, terkejut, dan kagum
Disimbolkan dengan o_O atau o.O atau O.O . Ekspresi bingung dan kagum juga bisa dengan @.@, +_+ atau *.* dan menggaruk kepala seperti berpikir (^_^). Sedangkan ekspresi tak percaya atau terkejut bisa dengan 헐~ (heol) yang berarti “Huh” (sepertinya yang terakhir ini banyak digunakan dalam drama Korea)

Bersenang-senang
Bisa diekspresikan dengan dansa/ menari ,(>^_^)> atau mendengarkan musik dengan headphon d(^_^)b, o|^_^|o , o(^_^)o . Ekspresi tidur ditunjukkan dengan (-.-)Zzz , ~_~ zZz , atau =_= dan untuk membangunkan seseorang dengan 긋모닝“Good morning”!. Sedangkan ekspresi ‘V’ saat mengambil foto bisa disimbolkan dengan v(^-^)v atau ^-^V . Simbol memberi acungan jempol dengan b(^_^)d . Dan ekspresi kucing nakal =^.^= atau hewan imut “ㅈ” , ‘ㅅ’, “ㅅ” . Lalu kependenkan “thanks” menjadi ㄳㄳ .

Perpisahan
Bisa ditunjukkan denganㅂㅂ atau 바이바이 atauㅂ2ㅂ2 yang berarti Bye bye~~~!


****



Sumber :http://haerajjang.wordpress.com/2013/05/29/serba-serbi-korean-emoticon/#more-1575