Minggu, 17 November 2013

Sepuluh Cara Cepat Menguasai Bahasa Korea



Belajar bahasa asing adalah suatu hal yang mengasikkan. Baik belajar bahasa Inggris, Korea, Mandarin, Jepang atau bahasa apapun pasti memiliki tips dan trik tersendiri agar mudah untuk dipelajari. Berikut ini adalah sepuluh cara cepat alias tips bagi yang sedang giat-giatnya belajar bahasa Korea. Ingat, tak ada sesuatu yang besar yang bisa diperoleh tanpa usaha yang besar pula. Selamat Belajar !

1. Temuilah Orang Korea ( atau orang yang berbicara dengan bahasa Korea) di sekitarmu

Banyak orang berkata bahwa untuk dapat hidup dengan baik kita hanya butuh berbicara dengan orang baik, makan dengan sekumpulan orang baik, dan tidur dengan pikiran yang jernih. Oleh karenanya, cobalah untuk menemukan teman dari Korea, bicara bahkan pergi makan bersamanya. Secara umum orang Korea senang untuk menjelaskan budaya dan bahasa mereka.

2. Pergunakan berbagai media seperti tape, CD, dan multimedia lainnya

Saat belajar bahasa Korea, tenggelamkanlah dirimu kedalamnya, bahkan ketika tak ada teman di sekitarmu. Coba dengarkan CD atau mencari sumber-sumber internet yang bisa didownload dan didengar secara online. Lakukanlah hal ini secara teratur, perkembangannya mungkin tidak signifikan, namun yang terpenting adalah usaha untuk terus memperdalam bahasa Korea.

3. Mengunjungi Restoran dan Cafe dengan Menu Korea

Tempat terbaik untuk belajar budaya Korea adalah meja, selain untuk makan dan minum. Apabila tidak ada, acara-acara yang mengusung budaya Korea juga dapat dikunjungi. Beberapa Universitas memiliki acara tahunan yang berlangsung beberapa hari. Acara yang diadakan biasanya meliputi seminar, nonton film Korea, selain itu juga ada banyak makanan khas Korea dan berfoto dengan baju khas Korea, hanbok.

4. Menyanyikan Lagu Korea

Saat pertama kali belajar bahasa, jangan lupa untuk mendengarkan lagu agar proses belajar lebih cepat. Lagu akan mempermudah untuk mengingat juga mendapatkan kata-kata baru. Banyak orang yang belajar dengan lagu pop Korea, namun sebenarnya cara termudah adalah dengan mendengarkan lagu anak-anak sebab kata-katanya lebih mudah. Saat memutuskan untuk belajar sambil mendengar lagu pop Korea, bersiap-siaplah untuk mendapatkan banyak kata Cinta dan patah hati. Banyak situs yang bisa dirujuk untuk mendapatkan lirik sekaligus artinya. Youtube adalah salah satu media yang cukup baik, sebab didalamnya sering terdapat video musik beserta lirik lengkap dengan hangul, romanisasi, dan translatenya.

5. Menonton Film Korea

Belakangan ini film Korea mengalami kebangkitan yang luar biasa. Banyak sekali genre yang bisa dipilih, mulai dari horor, pembunuhan, romantis, ataupun komedi. Film Korea ini bisa didapatkan dengan membeli, merental, atau menonton dengan gratis via youtube atau situs penyedia film korea lainnya.

6. Menonton Drama Korea.

Kecanduan menonton drama Korea mungkin menjadi suatu ‘penyakit’ yang akan sulit diobati. Kebanyakan drama Korea bercerita tentang cinta segitiga. Ketika seseorang menonton drama Korea dan merasa tertarik dengan drama tersebut, maka akan sulit mengontrol diri untuk berhenti menontonnya. Beberapa stasiun TV Korea seperti :
Ada juga sebuah situs yang menyediakan drama Korea bersubtitle seperti :  http://www.vikii.net

7. Surfing dan Browsing website berbahasa Korea

Banyak sekali informasi mengenai Korea seperti bahasa, film, travel, budaya yang bisa diperoleh melalui internet. Dengan mengunjungi situs berbahasa Korea akan menambah kemampuan membaca dan memahami bahasa Korea meskipun sedikit dan sepatah demi sepatah kata.

8. Perbanyak Membuka Kamus Berbahasa Korea

Kamus cetak bahas Korea akan sangat membantu jika tidak mengetahui arti kata bahasa Korea. Namun jika ingin yang lebih cepat, kamus elektronik dapat menjadi pilihan atau dengan menggunakan kamus online. Saat ini sudah banyak sekali kamus yang beredar di toko-toko buku. Sebagai saran, belilah kamus yang disertai hangul. Romanisasi terkadang bisa berbeda-beda namun hangulnya tetaplah sama.

9. Membuat daftar kata dan frase bahasa Korea

Jika memiliki kesulitan dalam mengingat kata, cobalah untuk menuliskannya dalam buku. Bawalah buku tersebut dan jika ada waktu luang lihat kembali kata-kata tersebut. Jika memungkinkan, cobalah untuk menulis dalam bentuk kalimat sederhana. Atau cara mudahnya adalah dengan mengganti daftar-daftar benda saat akan berbelanja atau pergi ke suatu tempat dengan bahasa Korea, dengan begitu akan menimbulkan suatu rasa kenyamanan dan terbiasa untuk menggunakannya.

10. Pergi Ke Korea

Ini adalah pilihan yang cukup menarik jika mampu melakukannya. Jika ada kesempatan untuk pergi ke Korea, pergunakan dengan sebaik-baiknya. Saat ini banyak sekali agen travel yang menawarkan perjalanan ke Korea untuk 5-7 bahkan 10 hari. Sangat bagus sekali jika bisa bekerja ataupun bersekolah di Korea sebab semua rasa kebahagiaan, euforia, dan penasaran akan terbayarkan.




*****
Di ambil dari:
JungWooo, H. and Wang, L. Korean For Dummies. Wiley Publishing
*****
Sumber :