Jumat, 21 Agustus 2015

UNS Green Campus



Sebagai manusia kita bernafas dengan menghirup oksegen. Tanpa adanya oksigen populasi makhluk hidup perlahan akan mulai punah. Karena itulah pentingnya peranan oksigen di sekitar kita. Apalagi di era globalisasi seperti ini. Sebagaimana yang kita ketahui pohon adalah sumber oksigen dan dapat menetralisir polusi di udara dengan proses fotosintesis. Namun nyatanya ada sekitar 5800 pohon ditebang secara ilegal setiap harinya.


Karena itu UNS (Universitas Sebelas Maret) hadir dengan keperdulian tentang lingkungan. Di UNS ada suatu program yang dikenal sebagai “Green Campus”. Progam ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan kampus UNS yang nyaman, aman, hemat energi dan ramah lingkungan.


UNS juga mengajak warga baru UNS (Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2015/2016) untuk mencintai lingkungan dengan diadakannya program Green Campus pada hari ketiga OSMARU 2015 pada tanggal 22 Agustus 2015. Kegiatan tersebut antara lain pungut-pilah sampah organik/non-organik dan gerakan menanam untuk masa depan dengan ketentuan setiap mahasiswa menanam 3 bibit pohon di area kampus yang telah ditentukan.

Dengan keperduliannya tentang lingkungan, UNS mendapat dua penghargaan yaitu sebagai peringkat internasional sebagai kampus hijau dari UI Greenmetric dan mendapatkan sertifikasi sebagai bangunan (RS) Ramah Lingkungan dari Green Building Council Indonesia.


Udaranya yang segar dan rindangnya pepohonan di tengah teriknya matahari membuat para mahasiswa nyama berada di lingkungan kampus. Apalagi saat musim pengujan datang, Bunga Angsana yang bermekaran seperti oase ditengah hijaunya pepohonan. How beautiful it. So, act green now! See green, see life. “UNS GREEN CAMPUS”


by : Rizqi Anisa L